5 Kewajiban Kontraktor Yang Kudu Dipatuhi

Updated on August 21, 2019 in Konstruksi
0 on August 5, 2019

Kewajiban Kontraktor

Kontraktor termasuk jenis pekerjaan yang banyak diminati dan dikhususkan untuk laki-laki karena pekerjaannya relatif ukuran. Sebelum menjalani pekerjaan pemborong yang bersifat individu maupun kelompok akan menandatangani wasiat dengan tujuan menyelesaikan jenis pekerjaan. Misalnya pembongkaran unik gedung, pembangunan tol, penggarapan jembatan dan pekerjaan kontruksi lainnya.

Tugas Dan Klaim Secara Umum

Tentunya tugas kontrak cukup berat serta wajib profesional karena bertanggung jawab untuk sarana dan ragam agar proyek yang dilakoni sesuai pasal yang telah tertulis dalam dokumen wasiat. Seperti rencana dan uraian proyek, anggaran belanja order dan lain-lain. Bahkan terkadang kontraktor turut bertanggung menjawab pada pengadaan dan jenis-jenis material yang akan digunakan untuk proyek.

Untuk tersebut sebagai kontraktor harus mematuhi kewajiban yang sudah tertulis dalam perjanjian. Untuk tersebut dibawah ini ada 5 kewajiban kontraktor yang siap dijadikan referensi, antara lain:

1. Membuat Desain / Gambar Mengenai Proyek

Seorang kontraktor bangunan dibutuhkan spesialisasi dan kreatifitas membuat gambar-gambar mengenai proyek yang telah disahkan oleh konsultan pengawas. Dengan begitu rencana serta proses pengerjaan proyek siap berjalan maksimal. Kontraktor pula wajib cekatan dan tukang mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan proyek walaupun proyek belum dikerjakan.

2. Menyediakan Alat Keselamatan Komitmen

Pekerjaan kontruksi termasuk jenis pekerjaan yang berat serta harus mempunyai stamina yang prima, apalagi dominan mempergunakan alat-alat berat seperti pagar beton, alat pemadat zona dan lain-lain. Untuk tersebut alat keselamatan kerja yang harus disediakan untuk mereka bahaya dan siap prayitna tatkala ada musibah yang tak diinginkan. Maka sebagai seorang kontraktor harus gapah menyediakan alat keselamatan itu agar tiada pekerja yang merasa dirugikan atau disepelakan.

3. Membuat Laporan Dampak Pekerjaan

Proses pengerjaan order memang membutuhkan waktu yang lama dan harus diadakan laporan hasil pekerjaan. Oleh sebab itu sebagai kontraktor bangunan jakarta harus jeli dan profesional membuat hasil laporan telatah harian, mingguan dan bulanan agar hasilnya jelas serta semua pihak yang terlibat dapat mengetahui dan menganalisa berbagai hal yang terkait dengan proyek.

4. Berlaku Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

Walaupun mengatur para pekerja, namun kewajiban kontraktor pula bekerja sesuai ketentuan yang berlaku dan harus menyembunyikan pekerjaan sesuai gambar maupun desain yang sudah direncanakan. Tentunya mematuhi peraturan serta syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh pengguna jasa.

5. Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Ruang

Walaupun pekerjaan kontruksi memerlukan waktu yang lama serta mempunyai para pekerja yang lumayan banyak, namun pikulan kontraktor bangunan adalah menyembunyikan pekerjaan sesuai dengan kesepakatan. Tujuannya agar proses pengerjaan proyek yang lainnya bukan terbengkalai dan semua susunan acara yang sudah disusun siap terealisasikan dengan baik.

Klaim kontraktor memang berat serta harus profesional dalam hidup apapun keadaan yang hendak menimpanya. Namun kewajiban yang cukup berat tersebut seimbang dengan jerih payah yang akan didapatkan berupa finansial, apalagi seorang kontraktor pembawaan bekerjanya sudah tidak diragukan lagi karena memiliki surah izin resmi.

  • Liked by
Reply