Bikin Penasaran, Ada Solder dan Palu Di Proses Finishing Tali ID Card

Updated on March 20, 2019 in Product
0 on January 14, 2019

Di penghujung tahun lalu saya sempat berkunjung ke salah satu tempat pembuatan tali ID card Jakarta murah dengan tujuan untuk mempersiapkan atribut perlengkapan panitia dan peserta acara tahun baruan di komunitas yang saya ikuti. Sebenarnya tidak banyak lanyard (sebutan lain untuk benda ini) yang saya pesan hanya 150 pcs saja.

Ada wawasan baru yang saya dapatkan dari pengalaman tersebut soal bagaimana gantugan kartu itu dibuat. Tapi yang membuat saya merasa sangat tertarik adalah ketika memperhatikan proses finishing.

Pasalnya untuk proses persiapan hingga mencetak desain ke permukaan bahan tali sudah terbayang dibenak saya. Kurang lebih seperti membuat kaos sebab metode cetak yang pakai adalah antara sablon atau digital printing.

Nah, sedangkan proses finishingnya menurut saya pribadi yang baru pertama kali melihatnya pekerjaan ini tergolong unik.

Dimulai setelah tali selesai dicetak, proses ini diawali dengan memotongnya menjadi dua bagian yakni panjangan dan pendekan. Oh iya, panjangan ini nantinya akan jadi bagian yang bisa dikalungkan ke leher.

Sedangkan pendekan berguna agar ujung lanyard yang terhubung ke kartu  tidak langsung menyatu dengan bagian tali yang dikalungkan. Tujuan dibuat demikian supaya kita lebih cepat ketika ingin melepaskan kartu dari gantungan.

Bagian Proses Yang Paling Menarik

palu-kecil

Berikutnya saat sudah dipotong menjadi dua bagian tersebut tahap finishing akan masuk ke bagian yang menurut saya paling menarik. Jadi pada tahap kelanjutannya tersebut tersedia alat – alat yang terdiri dari solder dan palu.

Melihat alat tersebut tentu saya bingung. Apa yang akan dilakukan dengan peralatan semacam itu terhadap tali. Jelas disini tidak mungkin ada komponen eletronika yang perlu disolder.

Jangankan komponen elektronik seperti resistor dan diode, kita ketahui pada tali ID card bahkan sekedar lampu LED pun tidak mungkin ada (kecuali kamu custom sendiri supaya nyentrik).

Kemudian ada juga palu, untuk apa coba? Memangnya mau produksi mebel.

Karena rasa penasaran inilah akhirnya saya ngotot meminta izin untuk diperbolehkan melihat proses finishingnya. Setelah melalui negosiasi yang cukup pelik pada akhirnya saya diberi izin. Dengan penuh antusias saya memperhatikan. Rasa penasaran saya pun terjawab.

Ternyata Ini Fungsi Solder dan Palu Pada Finishing Tali ID Card

Solder dengan ujung lancip dan bisa dipanaskan ternyata berguna untuk melubangi tali agar bisa memasang paku kancing bahan.

Jadi alur kerjanya begini, tali yang sudah dipotong menjadi panjangan dan pendekan masing – masing bagian ini akan disematkan ke stopper. Tali panjangan di satu ujung stopper dan tali pendekan di ujung lainnya.

Nah, dalam prosesnya tali panjangan akan dilingkarkan sehingga dua tepinya bertemu di stopper. Pada ujung stopper memang tersedia bagian khsusus untuk menyematkan tali. Supaya kuat dan rapi pemasangan tali dilakukan dengan cara dilipat sedikit kurang lebih 1,5 centimeter.

Disini mana kala lipatan tersebut sudah tepat maka bagian tengahnya akan dilubangi menggunakan solder. Barulah kemudian pada lubang yang dibuat pin kancing bahan dipasang untuk mengunci lipatan tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan pada potongan tali pendek. Cuma pada bagian ini saat akan dibuat melingkar dan kedua tepinya disematkan pada stopper ada penambahan kait (untuk mencantolkan kartu).

Sekilas mengenai penggunaan stopper dan kait pada tali ID card, di pasaran kedua komponen pelengkap ini dijual dalam beragam ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran tali.

Sebelum tulisan ini berakhir tentunya saya juga akan memberi tahu kamu apa sebenarnya fungsi palu pada proses finishing lanyard ini.

Palu dipakai untuk menguatkan kuncian pin kancing. Jadi sebelumnya pin kancing yang baru dipasang menggunakan jari belum benar – benar mengunci sehingga bisa lepas lagi. Karena itu perlu dikuatkan dengan cara menggetoknya menggunakan palu.

Jika sudah dipukul pasti daya kuncian yang dihasilkan sangat kuat dan tidak gampang lepas bahkan ketika sengaja dibongkar sekalipun.

Jadi seperti itulah ternyata proses finishing tali gantungan yang sangat membuat penasaran karena ternyata memakai alat – alat yang tak terpikirkan sebelumnya oleh kita.

  • Liked by
Reply