Bingung Pilih Unit Sewa Bus Pariwisata? Kenali Jenis Dan Mesinnya

Updated on June 16, 2019 in Travellers
0 on May 13, 2019

Bus Pariwisata

Jumlah penyedia layanan sewa bus pariwisata Jakarta sebenarnya dapat dihitung dengan jari. Demikian pula dengan merek bus serta spesifikasinya. Terdapat berbagai macam jenis bus mulai dari big bus hingga mini van, semua tentunya dengan keunggulannya masing-masing. Selain mempertimbangkan jumlah seat yang ada dalam satu bis ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Klasifikasi Mesin Bus Pariwisata

Tidak dapat dipungkiri harga sebanding lurus dengan kualitas.Oleh karena itu terdapat merek bus tertentu yang dikenal dengan berbagai kehandalan mesinnya. Bis pariwisata ada yang cocok untuk dalam kota, perjalan jarak jauh, medan dengan tanjakan dan banyak lagi jenis mesin yang disesuaikan dengan spesifikasi bus. Berikut adalah beberapa merek mesin bus dengan kelebihan dan keunggulannya masing-masing.

1. Mesin Diesel

Umumnya bus memang tidak dirancang untuk bergerak dengan kecepatan tinggi. Namun lebih kepada kekuatan untuk menampung beban berat. Inilah kelebihan dari mesin bus pariwisata dengan mesin diesel yang bertorsi besar. Mesin diesel umumnya memiliki 6 silinder yang menentukan besar kecilnya kapasistas bus dalam kekuatan muat dan gerakannya.

2. Mesin Turbo

Mesin Turbo

Mesin dengan berbasisi turbo memiliki 4 katup dari setiap 6 silindernya. Sehingga dapat dipastikan lebih ringan, bahkan ketika menanjak sekalipun. Jenis mesin seperti ini suara mesinnya sangat halus sehingga nyaman bagi penumpang, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Perpindahan koplingnya menjadi sangat halus dan menjaga keawetan mesin lebih lama.

Namun untuk mempertahankan keawetan mesin turbo, selama perjalanan pengemudi jarang mematikan mesin. DIkarenakan elektrikal mati dan nyala yang terlalu sering akan merusak mesin. Inilah alasan kenapa mesin turbo pada bus pariwisata jarang sekali mematikan mesinnya, walaupun sedang istirahat dalam waktu yang lama.

3. Mesin Dengan Suspensi Angin (Air Suspension)

Jenis mesin bandel yang sangat khas digunakan oleh Mercedes Benz ini mampu menahan beban hingga 18 ton dan masih cukup cepat dengan tenaga 360 HP.
Terlebih lagi mesin yang diperuntukan untuk kelas premium ini memiliki model Space Frame sebagai kenyamanan extra untuk para penumpang. Dengan mesin yang memberikan suara yang halus dan tidak menggangu penumpang ini menekankan kekuatan jasa angkut namun tidak memberatkan mesin.

4. Mesin Turbo Intercooler

Jenis mesin terbaru inovasi dari turbo menghadirkan jaminan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Daya tampungnya lebih banyak serta kekuatannya sekitar 422 HP, lebih tinggi dari pada mesian dengan Suspensi Angin. Jenis mesin ini dikendalikan oleh sistem elektrik. Suatu fitur umum yang sering didapat untuk mesin-mesin jenis baru. Sehingga lebih sering masalah yang ditemui bukan karena masalah mesin namun lebih karena elektrikalnya.

Mesinnya menggunakan sistem pompa satuan yang memperpajang daya tahan mesin untuk penggunaan jangka panjang yang awet. Hebatnya lagi sistem keamanannya terintegrasi dengan rem yang handal, anti slip, suspensi independen yang terpecaya. Perpaduan sistem elektro-hidrolik menjamin kendali penuh berlapis terutama ketika melakukan pengereman mendadak.

Jasa sewa baik murah, standar atau mahal dipengaruhi oleh banyak faktor. Kapasitas kursi penumpang, serta berbagai fasilitas didalammnya. Bila berbicara tentang kekuatan mesin sesuai dengan beban yang dapat ditopannya, jenis mesin sangat berpengaruh. Oleh karena itu sewa bus murah Jakarta Timur, Tangerang, Bogor memiliki mesin berbeda untuk penggunaan dalam kota yang macet dibandingkan sewa bus ke Surabaya atau Bali yang jarak tempuh lebih jauh dengan banyaknya tanjakan yang harus dilalui. Semua mesin disesuaikan dengan bentuk bis serta kebutuhannya.

  • Liked by
Reply