Wow Begini Cara Mudah Mengubah Atap Rumah Menjadi Kebun yang Indah!

Updated on August 21, 2019 in Tips & Trik
0 on May 14, 2019

Cara Mudah Mengubah Atap Rumah Menjadi Kebun

Bagi anda yang memiliki atap rumah beton berbentuk datar, jangan biarkan atap tersebut hanya dipenuhi jemuran atau bahkan kosong begitu saja. Ubah ruang kosong terbuka pada atap anda menjadi sesuatu yang dapat memberikan nilai lebih. Salah satu cara membuat atap anda menjadi multifungsi adalah dengan mengubahnya menjadi roof garden atau kebun. Kebun di atas atap rumah sangat bermanfaat apalagi bagi anda yang memiliki lahan perumahan terbatas. Selain dapat menyalurkan hobi bercocok tanam, kebun di atas rumah juga berguna untuk memperbaiki kualitas udara dan mempercantik tampilan rumah.

Langkah-langkah Membuat Kebun di Atap Beton

Nah bagi anda yang tertarik untuk menyulap atap rumah menjadi sebuah kebun yang cantik, ikutilah cara membangunnya berikut ini.

1. Lakukan waterproofing pada atap.

Struktur atap yang datar membuatnya tidak memiliki derajat kemiringan sehingga air dapat tergenang dan membuat atap bocor. Oleh karena itu, perlu dilakukan waterproofing coating atau melapisi permukaan atap dak beton dengan bahan polimer. Waterproofing jenis ini sangat cocok digunakan karena bersifat elastis, tahan terhadap sinar UV, dan dapat dibuat beragam warna.

2. Buat sistem drainase air.

Sistem drainase penting agar tanaman tidak menyimpan kelebihan air. Alat yang bisa anda gunakan yaitu drainage cell. Tempatkan plastik cor dan drainage cell di atas waterproofing coating jika anda ingin menanam rumput pada seluruh permukaan atap. Setelah itu lapisi dengan tanah dan tanami rumput atau tanaman yang anda inginkan.

3. Siapkan medium tanaman dan buat kanopi.

medium tanaman dan buat kanopi

Ada berbagai macam medium tanaman yang bisa anda gunakan, diantaranya seperti tanah dengan pupuk, pasir, coco peat, dan lain sebagainya. Agar tanaman tumbuh dengan baik, anda harus mengetahui jenis medium yang cocok bagi tanaman tersebut. Selain menyiapkan medium, anda harus membuat kanopi sederhana untuk menghindari sengatan sinar matahari secara langsung.

4. Pilih tanaman yang akan ditanam.

Untuk membuat kebun di atas atap, pilihlah tanaman yang toleran terhadap cahaya matahari langsung. Selain itu, pilihlah tanaman yang memiliki sistem perakaran menyebar dan pertumbuhannya lamban, seperti pohon pagoda. Untuk menambah kesan estetika rumah, anda juga dapat memilih tanaman berbunga seperti mawar, melati, dan bunga kertas.

Itulah tips cara memaksimalkan atap rumah menjadi roof garden yang bisa anda ikuti. Setelah kebun selesai dibangun, jangan lupa untuk selalu merawat tanaman anda ya!

  • Liked by
Reply