Hikmah Umroh Untuk Umat Agama islam

Updated on October 21, 2018 in Travellers
0 on October 2, 2018

Ibadah bukan cuma merupakan perintah untuk memuliakan Yang maha kuasa. Tiap-tiap ibadah yang diperintahkan dalam keyakinan punya hikmah yang mengangkat kebaikan untuk kehidupan bagi seseorang. Alasan tersebut yang mendasari jikalau setiap ritual ibadah sejatinya dijalani secara ikhlas serta berusaha untuk rendahkan hati kehadapan Tuhan. Sudah seharusnya ibadah dijalani secara penuh konsentrasi, berharap atas ridho Yang maha kuasa. Ibadah yang punya ruh & jiwa bakal menyiratkan berbagai arti. Tak cuma sekedar gugur kewajiban belaka kemudian usai tanpa mewariskan pelajaran untuk kehidupan. Selain itu pula halnya dengan ibadah umroh plus turki. Umroh tidak seharga hanya menunaikan rukun umroh dan mengeluarkan banyak biaya namun ada makna-makna terselip di baliknya.

Hikmah Umroh

Umroh mempunyai hikmah sebagai berikut.

1. Hadir di Makkah sebagai Tamu Allah
Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa umat Muslim yang berangkat haji & umroh datang sebagai tamu Allah SWT. Sebutan tamu ialah sebagai sosok yang dikagumi kehadirannya dan bila meminta sesuatu niscaya bakal dikabulkan oleh tuan rumah. Secara garis besar tertera dalam hadits riwayat Ibnu Majah Orang yang mengerjakan haji & umroh merupakan tamu Allah Azza wa jalla dan para pengunjung-Nya. Bila mereka meminta kepada-Nya niscaya diberi-Nya. Jika mereka memohon ampun niscaya Dia menerima doa mereka. Dan apabila mereka meminta syafaat niscaya mereka bisa diberi syafaat.

Maka ketika berada di tanah suci umat islam melantunkan doa sebanyak mungkin termasuk menyatakan doa yang dititipkan sanak keluarga mereka. Umroh adalah ibadah dan ritual prosesi suci. Di setiap perbuatan baik dalam prosesi umroh terbilang sebagai ibadah, lebih dari itu sekedar membantu jamaah salah jalan atau pun memberi makanan atau minuman sesama musafir.

Datang sebagai tamu Allah di makkah seharusnya digunakan dengan baik. Berdoa untuk kebaikan dunia akhirat, memohon syafaat dan memohon kebaikan hati serta ampunan.

2. Jadi Pribadi Semakin Baik di Mata Allah
Inti atas ibadah merupakan untuk membentuk pribadi yang semakin baik. Oleh karena itu ketika menjalankan umroh sebaiknya apabila ketekunan tatkala mengerjakan ritual tersebut jadi kebiasaan dalam kehidupan setiap hari. Ketika di tanah suci bertilawah, berdzikir serta mengamalkan kebaikan jadi rutinitas. Sebab itu salah satu tanda umrohnya diterima Allah merupakan pada saat setelah umroh bisa menjadi pribadi yang makin baik. Apabila mempunyai rezeki tidak pelit berbagi dengan sesama manusia, jikalau ditimpa musibah maka kian sabar & memohon kepada Allah untuk dikuatkan.

3. Syiar Agama islam
Umroh yakni salah satu jenis kegiatan syiar Islam. Dalam ibadah umroh para jamaah melantunkan kalimat-kalimat talbiyyah & thayyibah. Hal ini akan membuat lisan serta hati selamanya ingat kepada Sang pencipta.

  • Liked by
Reply