Lantai Vinyl Itu Apa Sih? Berikut Yang Perlu Kamu Ketahui

Updated on March 20, 2019 in Interior
0 on February 28, 2019

Mungkin banyak pertanyaan mengenai vinyl seperti lantai vinyl itu apa sih? Jadi pada artikel ini mari kita sedikit mengenal lantai vinyl tersebut.

Berbeda dengan pelapis lantai lainnya, pelapis lantai vinyl memiliki tiga lapisan utama yakni compact layer, glass fiber, dan printed layer. Sebagai finishing terluar dari vinyl menggunakan UV Coated Wear Layer yang dapat membuatnya nampak lebih mengkilap dan memberi kesan licin pada permukaannya.

Lantai vinyl tersedia dalam berbagai jenis seperti gulungan (roll), lembaran (plank), ubin (tile),  Vinyl juga memiliki beragam motif yang tersedia untuk menjadi refrensi pilihan anda.

Sebagai solusi murah dan praktis dengan beragam kelebihan, lantai vinyl menjadi primadona di kalangan masyarakat untuk membuat tampilan interior dan eksterior rumah menjadi lebih bagus.

Pengembangan material lantai seiring berjalannya waktu terus menerus mengalami inovasi yang lebih dari pendahulunya. Lantai vinyl terus melakukan pembaharuan dalam produknya sehingga masyarakat mulai memilih vinyl sebagai pelapis lantai dengan banyak kelebihannya.

Lantai Vinyl Itu Apa Sih Berikut Yang Perlu Kamu Ketahui

Lalu Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl itu apa saja ya?

Pelapis lantai vinyl pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan dalam produknya sama halnya dengan pelapis lainnya. Kelebihan lantai vinyl terletak pada ketahanan vinyl yang dapat bertahan dalam kisaran 15 hingga 20 tahun. Tidak hanya itu, vinyl mempunyai permukaan lantai yang lebih halus, lembut, nyaman saat dipijak dibandingkan dengan pelapis lantai jenis kayu atau ubin.

Beragam corak, motif, warna dan terkesan nyata seperti material aslinya  menjadi daya tarik vinyl. Jika dilihat dari kejauhan, vinyl akan sama seperti lantai kayu atau lantai parket.

Kelebihan lainnya adalah inovasi vinyl yang tahan terhadap api, air, rayap, tahan terhadap cuaca, anti slip, dan yang paling terbaru adalah pada anti bakteri yang pastinya aman untuk anak-anak dan binatang peliharaan anda.

Pelapis vinyl tidak hanya memiliki kelebihan, namun kekurangan yang perlu juga anda ketahui sebelum memutuskan memakai lantai vinyl apa yang akan dijadikan dekorasi lantai rumah.

Baca juga: Lantai Vinyl Untuk Dapur Paling Cocok Diaplikasikan

Kekurangan pelapis vinyl adalah bahan PVC yang bisa menyebabkan bahaya bagi orang yang sensitif bahkan alergi terhadap Volatile Organic Compounds (PVC). Tetapi mulai tahun 2010 banyak perusahaan pembuat lantai vinyl mulai mengurangi bahan PVC untuk produksi vinyl mereka.

Terletak pada pemasangan lantai vinyl terbilang harus memiliki ketelitian dan perhatian ekstra. Kenapa? Jika pada saat pemasangan lantai tidak dalam kondisi bersih, maka lantai vinyl akan mudah mengelupas dan dapat mengurangi kualitas keawetan vinyl . Jadi harus dipastikan pada saat pemasangan, lantai yang akan dilapisi vinyl harus lebih diperhatikan.

Pelapis vinyl rentan terhadap benda tajam, karena teksturnya yang lembut. Anda harus lebih berhati-hati dalam memindahkan furnitur karena akan beresiko menggores vinyl. Maka dari itu, usahakan berikan alas pada furnitur anda agar tidak secara langsung mengenai permukaan vinyl.

Bagimana asalnya lantai vinyl itu ada?

Pada awalnya asal-usul, lantai vinyl sudah muncul sejak tahun 1930-an yang mulai ada sebagai bagian dari sejarah arsitektur. Lantai vinyl dipilih sebagai opsi lantai yang murah, hemat biaya, tahan terhadap berbagai noda dan juga serbaguna mengalahkan linoleum sebagai pelapis lantai. Linoleum sendiri adalah bahan pelapis lantai yang terbuat dari minyak biji (linseed oil) yang dicampurkan dengan tepung kayu atau serbuk gabus dari kain kanvas.

Setelah mengalami kemajuan zaman, lantai vinyl terus memiliki terobosan baru dan mengalami peningkatan dengan menjadi lebih bagus dan meminimasilir anggaran dana.

Sebagai pelapis lantai populer, vinyl juga mulai menambahkan ragam motif yang dapat anda pilih. Lantai vinyl dapat menjadi jalan keluar anda untuk memperbarui rumah idaman anda.

  • Liked by
Reply