Tahapan Konstruksi Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Updated on December 15, 2018 in Teknik
0 on December 7, 2018

Dalam membangun sebuah rumah, pastinya akan membutuhkan beberapa tahap agar runah bisa berdiri kokoh dan menarik sesuai yang anda impikan. Untuk itu anda membutuhkan bantuan dari dari jasa kontraktor rumah yang akan  membantu anda dalam mewujudkan hunian impian anda dan keluarga sehingga anda akan merasa puas dan nyaman tinggal di rumah dengan suasana baru.

tahapan-konstruksi-rumah-yang-perlu-anda-ketahui

Bagi anda yang akan membangun rumah tentu akan memerlukan banyak waktu, biaya dan tenaga. Selain itu ada hal-hal yang tentu harus anda pertimbangkan juga. Nah berikut ini ada beberapa tahapan dalam konstruksi bangunan rumah yang harus anda ketahui, antara lain :

  1. Mambuat pondasi

Merupakan tahap awal pada sebuah konstruksi bangunan. Sebelum pekerjaan pondasi tersebut dilakukan, pastinya anda harus menggali tanah terlebih dahulu. Pondasi tersebut harus disesuaikan dengan daya cengkram yang dibutuhkan dari suatu bangunan.

 

  1. Menyusun bata sebagai tembok

Berikutnya setelah pondasi telah terbentuk maka langsung dilanjutkan dengan mendirikan tembok. Secara garis besar proses ini adalah tahap dimana tukang akan menyusun bata. Disambing itu juga dilakukan pengecoran menggunakan kawat ayam agar dinding lebih kuat.

 

  1. Membuat atap rumah

Tahap berikutnya yang perlu dilakukan ialah membuat atap rumah. Untuk mempermudah membuat atap rumah dengan baik dan cepat ialah menggunakan atap baja ringan sehingga hasilnya akan lebih cepat. Sementara itu tahap dalam membuat atap sangat penting agar tak kehujanan ataupun kepanasan.

 

  1. Melakukan plesteran pada bagian dinding

Langkah selanjutnya ialah melakukan plester pada bagian dinding agar terlihat lebih bagus dan kuat. Untuk mendapatkan hasil plesteran yang baik, yakni dilakukan dengan cara selalu mengecek setiap bagian plester yang baru ditambahkan benar – benar rata. Jangan sampai ada keropos dan pertimbangkan juga ketebalan dari plesteran tersebut.

 

  1. Melantai rumah

Tahap selanjutnya ialah melantai rumah dengan menggunakan semen dan pasir. Selain itu apabila anda memuuskan untuk melantai umah dengan memasang keramik, maka sebaiknya jangan dilakukan pengacian telebih dulu.

 

Langkah-langkah Memasang Atap Baja Ringan

Untuk memperoleh hunian yang cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama, memang dibutuhkan berbagai cara agar hasilnya bisa berjalan dengan baik.

Berikut beberapa langkah-langkah dalam memasang atap baja ringan yang perlu anda ketahui, antar lain :

  1. Buatlah sebuah perencanaan yang baik dan matang, sebab perencanaan tersebut adalah hal yang sangat penting agar pekerjaan ini berjalan dengan baik dan lancar.
  2. Mencari tukang ahli dan handal tentu akan mempercepat proses pengerjaan. Apabila tukang yang kita pilih tidak cakap melakukannya tentu tidak dapat menghitung panjang besi baja secara tepat. Oleh sebab itu gunakanlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya.
  3. Membuat pola gambar yang detail dari tiap posisi besi, maka anda akan mengetahui secara pasti dan detail tiap posisi. Dengan begitu dapat membuat baja ringan tahan lama hingga puluhan tahun. Hal tersebut tentu investasi jangka panjang anda yang dapat menghemat keuangan anda.
  4. Memilih ukuran besi baja harus disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan agar hasilnya lebih baik dan tidak akan mempersulit keja para tukang.
  5. Langkah selanjutnya ialah mencari genteng penutup, sebaiknya gunakanlah genteng yang lebih ringan seperti genteng metal yang cenderung sangat mudah diaplikasikan.

 

Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar kontraktor rumah, dapat membuka tautan di wahanacipta.co.id.

  • Liked by
Reply